Rabu, 09 Januari 2013

Pengertian Pendidikan


Dengan perkembangan zaman di dunia pendidikan yang terus berubah dengan signifikan sehingga banyak merubah pola pikir pendidik. Dari pola pikir yang awan dan  kaku menjadi lebih modern. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam kemajuan pendidikan di Indonesia.

Menyikapi hal tersebut pakar-pakar pendidikan yang mengkritis dengan cara mengungkapkan konsep dan teori pendidikan yang sebenarnya untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesungguhnya.

Kamus Bahasa Indonesia, 1991:232, pendidikan berasala dari kata didik, lalu kata ini mendapat awalan me sehingga menjadi mendidik artinya memelihara dan memberi latihan . dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, tuntutan dan pimpinanmengenai ahlak dan kecerdasan pikiran.

Menurut Bahasa Yunani, pendidikan berasal dari kata pedagogi yaitu kata paid artinya anak sedang agogos yang artinya membimbing sehingga pedagogi dapat di artikan sebagai ilmu dan seni mengajar anak.

Menurut UU No 20 Tahun 2003: tentang system pendidikan nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana. belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Wikipedia, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar danproses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar